Powered By Blogger

Kamis, 04 Desember 2008

Berdinas ke Banjarmasin

Oleh : Andi Sardono
Setelah sibuk berkutat dengan pekerjaan rutin di kantor, akhirnya saya bersama 2 (dua) rekan kerja berkesempatan melaksanakan tugas perjalanan dinas ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan dalam rangka Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pus Gakkum Lakhar BNN ke instansi yang terkait dengan pelaksanaan upaya P4GN di Indonesia.
Perjalanan diawali dengan menumpang pesawat Garuda No. penerbangan 954 tujuan Jakarta - Banjarmasin yang berangkat dari Bandara Soekarno - Hatta, Jakarta pukul 13.45 WIB. Kemudian, kami tiba di Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin pukul 16.25 WITA.
Setelah menunggu beberapa saat lamanya, akhirnya mobil penjemput dari BNP Kalsel yang disopiri oleh Fathur, staf BNP Kalsel dan diawaki oleh Pak Razak (staf BNP Kalsel juga) tiba di Bandara Syamsuddin Noor dan langsung membawa kami menuju ke Hotel Pesona yang telah dipesankan oleh tim pendahulu kami sebelumnya yang tiba lebih awal dari kami.
Di sana, di sela - sela kami melaksanakan tugas kedinasan, kami juga berkesempatan melihat - lihat dari dekat suasana Kota Banjarmasin di waktu pagi, siang, sore, dan malam (komplet ya...)
Makanan khasnya adalah ikan saluang (sejenis ikan teri tapi ini hidup di air sungai) goreng, ikan patin bakar, soto banjar, ikan saruang, ikan pepuyu, ikan tenggiri, telur penyu, dan banyak lagi yang lain.
Saya sendiri paling suka makan ikan saluang goreng, sampai - sampai saya membeli 2 (dua) bungkus untuk oleh - oleh di rumah.
Sampai saya tiba kembali di rumah, oleh - oleh ikan saluang dan kerupuk ikan tenggiri langsung diserbu oleh keluarga saya yang menanti kepulangan saya.
Bagi yang ingin mencoba mencicipi ikan saluang goreng, Anda hanya bisa mendapatkannya di Rumah Makan Chendrawasih yang beralamat di Jl. Pangeran Samudra No. 65 /24 RT. 06 Banjarmasin 70111 Kalimantan Selatan, Telp (0511) 4364230.
Selain di rumah makan itu, Anda tidak akan dapat menemukan ikan saluang goreng yang dijual. Aneh ya, tapi itulah kenyataannya. Semoga Anda sekalian dapat menyambangi restoran yang saya maksud itu..