Powered By Blogger

Kamis, 25 September 2008

Musim Liburan Lebaran Hampir Tiba

Oleh : Andi Sardono
Sebentar lagi (tanggal 29 September 2008) seluruh instansi Pemerintah dan Swasta di Indonesia memasuki masa liburan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2008. Masa liburan kali ini dimulai dari tanggal 29 September 2008 dan berakhir pada tanggal 5 Oktober 2008, sehingga tanpa kecuali semua orang - orang kantoran (baik yang bekerja di kantor Pemerintahan maupun Swasta) harus sudah masuk kerja lagi pada tanggal 6 Oktober 2008 yang jatuh pada hari Senin.

Banyak hal yang harus kita perhatikan bersama mengantisipasi datangnya masa liburan yang relatif lama itu. Di antaranya adalah faktor keamanan tempat kerja, tempat tinggal dan keselamatan di perjalanan (2 hal yang disebut terakhir tentunya hanya berlaku bagi yang akan mudik).

Untuk keamanan tempat kerja kita, hal - hal yang harus kita perhatikan adalah :
  1. 1. Terkecuali peralatan yang berhubungan dengan sistem pengamanan gedung seperti kamera CCTV dan perangkat komputer yang terintegrasi dengannya, matikan semua peralatan kantor dari sambungan listrik, termasuk komputer, printer, mesin fotocopy, televisi, lampu ruangan, kulkas (bagi yang di kantornya ada kulkas), dan beberapa peralatan khusus yang mungkin hanya ada di beberapa kantor dan membutuhkan sambungan listrik. Ini diperlukan untuk mencegah terjadinya bahaya kebakaran.
  2. 2. Amankan semua berkas kantor dari serangan tikus dengan menyimpan berkas - berkas tersebut ke dalam lemari penyimpanan baja atau brankas. Kalau perlu, pasang jebakan tikus di beberapa sudut ruangan yang paling sering menjadi tempat lalu lalang tikus.
  3. 3. Berlakukan sistem penjagaan bergilir kepada petugas Satuan Pengamanan (Satpam) yang ada, terutama untuk memastikan apakah butir 1 dan 2 di atas sudah dijalankan atau belum oleh karyawan yang bertugas di ruangan masing - masing.
  4. 4. Koordinasikan tugas pengamanan gedung yang dijalankan oleh petugas Satpam kantor yang ada dengan patroli petugas kepolisian setempat yang biasanya selalu rutin datang memantau pengamanan gedung - gedung di tiap wilayah yang menjadi tanggung jawab polisi setempat.
Untuk keamanan tempat tinggal kita, perhatikan hal - hal sebagai berikut :
1. Pastikan tetangga terdekat Anda (yang Anda percayai tentunya) untuk selalu menyalakan lampu di rumah Anda pada malam hari dan mematikannya pada pagi hari. Komplotan pencuri selalu memperhatikan kondisi lampu rumah yang selalu gelap pada malam hari atau yang selalu menyala pada siang hari karena pasti penghuninya tidak ada.

2. Pastikan alarm di rumah Anda dalam keadaan aktif dan volume suaranya maksimal, terutama yang dipasang pada daun pintu maupun jendela rumah Anda. Ini untuk memudahkan tetangga dan petugas Satpam perumahan Anda mengetahui bila ada aksi pencurian menimpa rumah Anda.

3. Pastikan kondisi kabel semua peralatan listrik rumah Anda dalam keadaan terbungkus atau tidak terkelupas dan tidak tersambung ke stop kontak. Ini untuk mencegah dan menghindari terjadinya bahaya kebakaran.

4. Jika tidak bisa melakukan langkah pada butir 1 di atas, sebisa mungkin mintalah bantuan salah seorang kerabat Anda untuk menjaga rumah Anda sambil memperhatikan kebersihan dan perawatan tanaman rumah Anda. Selain untuk mencegah tanaman Anda layu, juga untuk mencegah komplotan pencuri memasuki rumah Anda.

Untuk keamanan bepergian menggunakan sarana angkutan umum, perhatikan hal - hal sebagai berikut :
1. Perhatikan barang - barang bawaan Anda selama di perjalanan. Jika Anda mengantuk, mintalah salah seorang anggota Anda untuk berjaga - jaga bergantian dengan Anda selama Anda tidur di perjalanan. Hal yang sama berlaku pula jika Anda ingin buang air ke kamar kecil yang biasanya tersedia di dalam sarana angkutan umum itu.

2. Jangan pernah membawa dan mengenakan perhiasan secara mencolok karena akan mengundang aksi kriminalitas menimpa Anda.

3. Selalu perhatikan situasi di sekitar Anda. Jangan pernah mau ditawari minuman atau makanan oleh orang tak dikenal yang tiba - tiba sok akrab ingin berkenalan dengan Anda. Juga, selalu bersikap waspada ketika ada orang yang ingin mengajak berbicara dengan Anda selama di perjalanan.

4. Perhatikan petunjuk yang ada dalam moda angkutan umum yang berhubungan dengan pintu keluar darurat, terutama untuk mengantisipasi kecelakaan yang sewaktu - waktu terjadi mengingat tingginya intensitas dan frekuensi lalu lintas moda angkutan umum di musim mudik Lebaran setiap tahunnya.

Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan di sini. Petunjuk lainnya bisa Anda dapatkan dengan selalu mengikuti petunjuk dan arahan dari para petugas di lapangan yang siap membantu Anda.
(Oleh : Andi Sardono, S.Si)





Tidak ada komentar: